Senin, Januari 28, 2013

Mt. Gede Trips

Gunung gede pangrango atau biasa dikenal dengan sebutan TNGP (Taman Nasional Gede Pangrango) adalah salah satu dari banyak gunung yang menjadi sasaran lo lo orang yang suka mendaki gunung, atau kegiatan alam lainnya, bahkan hebatnya, anak anak muda jaman sekarang ini malah mendaki gunung ini cuma untuk pacaran semata *Coba itu pacaran sampe harus mojok di gunung, stop!! kembali ke jalan yang lurus. hehe..
Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dariCibodas dan Cipanas.
Gunung Gede diselimuti oleh hutan pegunungan, yang mencakup zona-zona submontana, montana, hingga ke subalpin di sekitar puncaknya. Hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia, bahkan di kawasan Asia. *ga heran kan kalau banyak orang yang milih ini gunung cuma buat pacaran, ehh!! mendaki maksudnya hehe..
Selain terkenal dengan taman nasinal dan tempat konservasi, gunung gede juga banyak menyimpan obyek obyek wisata alamnya. chak it out!
  • Telaga Biru. Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.
  • Air terjun Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.
  • Air Panas. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Puncak dan Kawah Gunung Gede. Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.
 Ini kilasan perjalanan yang paling tepat menurut gue!!

Day 1
Berangkat dari titik awal perjalanan (kalau bisa malem) ke cipanas-bogor, berhenti di pasar cipanas (tepat di depan istana negara cipanas), nah biasanya para pendaki re-prepare logistik dan natura lagi di situ, memastikan barang bawaannya, agar bisa membeli barang kalau ada yang ketinggalan, *mumpung masih di pasar cuy! harga terjangkau!. Lanjut, biasanya para pendaki kalau jumlah mereka di atas 5 orang, mereka nyarter angkot ke gunung putri (pos awal pendakian), atau kalau cuma ber4- biasanya make ojek aja.
Sesampainya di GPO (pos awal pendakian jalur putri) lo bisa istirahat dulu di sana, banyak warung juga di sana yang biasa di jadiin tempat istirahat para pendaki, nah, pagi harinya lo bisa deh lanjutin perjalannya, jangan lupa untuk lapor dulu di GPO, *buat input data* dari situ baru deh semuanya di lakukan dengan melangkah, *iyalah, udah di hutan bro! tapi tenang aja, gak jau hdari #GPO lo akan nemuin mata air pertama di jalur putri,sekitar 15 menit pendakian deh!, #saran,disanaloisisemuabotol/gelas, untuk perbekalan selama perjalanan sampai Surya kencana, karna selama pendakian sudah tidak ada mata air lagi sampai #SuryaKencana, pendakian bisa sampai 4 jam #Normal, selama pendakian lu akan susah dapetin sinar matahari, karna ini gunung mempunyai hutan hujan tropis.
 Surya Kencana, rasa lelah yang lo rasa selama pendakian akan hilang terbayar oleh indahnya padang #edelwiess ini, sepanjang mata lo memandang akan di suguhin dengan bunga abadi ini, juga pemandangan kota cianjur yang ga kalah indahnya dari 2.750 mdpl ini, geser ke barat, masih di alun alun surya kencana dan bunga edelwiessnya, di sana lo baru bisa ngerasain minum air gunung asli, bukan a**a lagi, tinggal buka mulut, dan segaaarrr!!!, nah, disinilah tempat para pendaki mendirikan tendanya dan bermalam.

Day 2
 Summit Attack, #saran, lo harus bangun pagi, sekitar jam 4, dan mulai prepare (masak,ngopi,ngeteh,dll) packing lagi untuk pendakian puncak gunung Gede, perjalanan dari surya kencana ke puncak ga jauh, cuma butuh waktu 30 menit #normal, tracknya besar, jelas, dan udah tersusun rapih, sesampainya di puncak, lo akan teriak keras seraya merayakan keberhasilan lo mencapai puncak, pemandangannya yang bisa bikin lu nyaman dalam lamunan pagi, tebing tebing mulut kawah yang menantang, udara dingin yang bikin lo males gerak, aroma belerang yang menyadarkan lo semua dari khayalan tadi, itu semua ucapan selamat pagi khas puncak Gede 2.958 mdpl dari Sang Pencipta Alam semesta ini..

Oke cukup sekian di puncaknya, sekarang kita meneruskan perjalanan turun, bergerak ke arah barat sambil menikmati indahnya puncak gede, ga jauh lo akan nemuin hutan lagi, dan track menurun, di perjalanan lu akan nemuin yang namanya #TanjakanSetan, *nama doang setan, tapi bukan berarti banyak setannya, tracknya curam, licin, bebatuan, tapi tenang udah ada tali di sana buat alat bantu, perjalanan kurang lebih 3 jam #normal, lo akan sampai di #KandangBadak, di sinilha tempatnya para pendaki mendirikan tenda dan bermalam *lagi*, lo akan bertemu dengan pendaki pendaki lain di sana, dan kalau berminat, lo bisa melanjutkan pendakian ke puncak #pangrango (3.019 mdpl), perjalanan membutuhkan waktu 3 jam #normal, dengan trik seperti pendakian puncak gede agar dapat melihat #sunrisenya.
Day 3
Seteah cukup istirahat di kandang badak, para pendaki akan turun melalui jalur cibodas, perjalanan turun membutuhkan waktu sekitar 3 jam #normal, selama perjalanan lo akan di suguhin sama aroma khas hutan hujan tropis dan anekaragam flora dan faunanya, tracknya lebih curam dari pada jalur putri, bebatuan licin, pokonya ekstra hati hati deh! ga lama dari kandang badak, lo akan sampe di tempat camp lagi, namanya #KandangBatu, lalu setelah kandang batu, ga lama lagi lo akan nemuin yang namanya #AirTerjunAirPanas, ini salah satu obyek wisata menarik dari #TNGP, bahkan lo memang harus melewati air terjun itu, karna memang track yang harus menyebrangi air terjun.
Setelah kembali fresh karna asik berendam air hangat, para pendaki melanjutkan lagi perjalanan turunya, ga jauh dari curug air panas tadi, di sana ada air terjun #Cibeurem, air ini bukan lagi hangat, tapi air terjun ini mempunyai tumbuh tumbuhan endemik yang menarik, seperti tanaman lumut merah. lanjut perjalanan setelah segar berendam di curug cibeurem, ga jauh dari curug, lo akan nemuin satu lagi obyek wisata alam yang ga kalah menarik, yaitu #TelagaBiru, mitosnya sih di sana ada ikan yang super besar dan hanya bisa dilihat pada waktu waktu tertentu dan orang orang terpilih, tapi faktanya, telaga biru ini punya daya tarik tersendiri yang cukup menarik.
lanjut turun lagi, sekitar 1 jam dari telaga biru, lo akan sampai di pos pendakian jalur cibodas, dan sekaligus menjadi pos terakhir buat para pendaki yang naik dari jalur putri, banyak sovenir sovenir yang menarik untuk dijadiin oleh oleh di sana, seperti baju, kaos, bet, stiker, juga buah buahan, dan anekaragam sayuran.
Pokonya perjalanan lo pasti akan membuahkan sebuah cerita yang menarik dari perjalanan ini, ini ceritaku, apa ceritamu?? *semoga bermanfaat! 


Tidak ada komentar: